Ngenet Sambil Dapat Uang ??? Klik di Bawah ini :

DbClix

Sabtu, 22 Januari 2011

Pilih HP Qwerty atau TouchScreen ??


Dulu saya binggung untuk pilih yang mana tapi pada dasarnya semua desain HP dibuat dengan kesungguhan dan semangat untuk memanjakan penggunanya. “tidak ada desain HP yang jelek” hanya saja, tingkat kenyamanan masing-masing individu sangatlah berbeda. Tergantung dari beberapa factor yang sebagian besar mengerucut pada gaya hidup alias lifestyle.
Lalu jenis hp manakah yang cocok untuk anda ? Qwerti or TouchScreen ?
Pilih HP QWERTY apabila . .
1.Sebagian besar HP digunakan untuk menulis. Mulai dari sms, chatting, email, status FB, komentar FB, nge-Twit dan sebagainya.

Apakah dengan demikian HP layer sentuh tidak cocok ? tidak juga. Tapi soal kecepatan mengetik, tombol keyboard qwerty fisik memberikan kenyamanan, akurasi dan kecepatan yang jauh lebih baik.

Terlebih untuk kita yang tinggal di Indonesia dengan kemajemukan bahasa. Artinya, predictive input alias T9 tidak bias diandalkan. Apabila bahasa anda sehari-hari bersms menggunakan menggunakan bahasa inggris, layer sentuh pun bisa digunakan mengetik cepat. Sejumlah HP layar sentuh mengandalkan T9 yang maksimum, semisal iPhone dan HP-HP Android.

Apalagi, kabar buruknya tidak ada T9 yang dibuat untuk bahasa alay, loh! Hihihi… :)

2.Jemari untuk ber-sms adalah dua jempol tangan kanan dan kiri. Artinya, anda tidak banyak membutuhkan HP saat berkendara alias sambil mengerjakan hal lain. HP qwerty tidak seharusnya digunakan dengan satu tangan dan dengan dua tangan, kecepatan mengetik akan jauh lebih baik.

Bukan berarti anda mendukung penggunaan HP sambil nyetir ya! Itu lain lagi. Tapi dalam kondisi sekalipun rasanya HP qwerty akan menyulitkan penggunanya. Lalu apakah hp layar sentuh bisa? Sabar…kita bahas di pokok bahasan selanjutnya.

3.Jari-jari anda berukuran besar. Hahaha! Jemari besar akan lebih bersahabat dengan tombol-tombol keyboard qwerty. Apabila dipaksakan ke hp berlayar sentuh dengan keyboard qwerty virtual-nya, maka yang terjadi adalah banyak salah pencet dan memicu T9 yang jauh dari harapan.

Jenis sensor layar sentuh juga berpengaruh sih. Tapi kalau bicara kebesaran jari, maka ukuran layar menjadi faktor utama.

4.Terbiasa dengan Keyboard computer. Mungkin anda adalah seorang yang eksis di dunia maya, sering ke warnet untuk chatting atau gonta ganti status Facebook atau bahkan sering posting di blog, jadi sudah sangat terbiasa dengan struktur keyboard komputer. Atau anda merupakan karyawan kantoran yang sehari-hari ditemani monitor kecil dan keyboard butut? HP Qwerty merupakan solusi paling klop.




Pilih HP TouchScreen apabila . .
1.HP lebih banyak digunakan untuk bertelepon. Anda tidak butuh HP berkeyboard fisik bagus, apabila tidak sering berkirim sms (kalau iya hanya seperlunya), atau chatting, tidak terlalu banyak updatestatus dan sebagainya.

2.HP lebih banyak digunakan untuk Browsing. Baik Browsing file dokumen, foto, video, ataupun unternet. Dengan layar sentuh, menggeser halaman web atau foto ketika di zoom akan lebih nyaman ketimbang menggeser trackball, atau menekan tombol arah.

Kesulitan paling utama adalah saat mengimput teks. Dimana layar akan saling berbagi antara keyboard virtual dan display lain. Membuat pandangan kita terbatasi.

3.Anda memiliki sedikit orang yang bisa dihubungi. Ingin tau kenapa ?, karena sejumlah HP berlayar sentuh memiliki fitur Photo Contact di layar utama. Jika anda memiliki nomor Faisal yang juga terintegrasi dengan akun Facebooknya langsung hrus masuk ke sistem.

Namun fitur ini kurang efektif untuk anda yang punya banyak “gebetan” dan kontak penting. Jika diperlukan HP Qwerty juga bisa memanfaatkan space dial yang walaupun tidak sama persis, namun memiliki fungsi yang setara.

4.Anda tidak bermasalah dengan stylus. Artinya tidak pernah sekalipun tertukar dengan tusuk gigi. Hehehe.. maksudnya memasukkan stylus ke lubang mulut atau menusuk layer dengan tusuk gigi. Tidak juga bermasalah terlihat “ribet” ketika membalas sms dari pacar. Karena beberapa HP layar sentuh menggunakan sensor yang tidak siap untuk jemari.

Terlebih jika layarnya sempit, tidak autorate seperti layer sentuh milik Samsung Champ.

5.Anda adalah seorang gamer. HP layar sentuh menawarkan game-game yang lebih menarik ketimbang HP Qwerty. Sasaran HP yang berbeda mempengaruhi hal ini. Kebanyakan HP Qwerty disasar untuk mereka yang serius, maka game dirasa kurang perlu dan kalaupun ada masih berbasis logika. Sementara HP layer sentuh sebaliknya.

HP-HP android berlayar sentuh serta iPhone memiliki segudang game menarik, bahkan sampai menganggu dominasi Playstation Portable (PSP) dan Nintendo.


Sekarang, sudah taukan mana yang cocok untuk anda ??, tapi perkembangan teknologi kini semakin pesat jadi anda sudah bisa menggunakan tombol qwerty dan touchscreen dalam 1 Hp sekaligus agar lebih menunjang kebutuhan anda sendiri.

Ojogelembiasa.blogspot.com

3 komentar:

  1. saya lebih pilih qwerty bos , lebih praktis untuk mengetik :)

    BalasHapus
  2. klo saya sich terserah gan, qwerty or touch sama aja yang penting di syukuri......... :P

    BalasHapus